Penulis Indonesia yang mendunia

Penulis Indonesia yang mendunia

TUGAS PENULISAN KLP. 4 "GENGSI MERUGIKAN DIRI SENDIRI"

Wednesday 4 November 2015





Nama              : Andi Fadliya
Stambuk           : N1A4 14 063
Mata Kuliah      :  Penulisan Kolom Artikael 

Gengsi  Merugikan Diri Sendiri
Pendahuluan
           Seperti yang kita ketahui  bahwa Gengsi adalah  harga diri atau kehormatan dan pengaruh yang diperoleh karena perbuatan besar'. Gengsi juga di kenal sebagai penyakit yang berbahaya , kenapa di katakana sebagai penyakit berbahaya karena  gengsi  merupakan sifat yang meninggihkan diri sendiri  dan merasa dirinya lebih benar  sehingga dia merasa tidak pentas  utntuk  menegur orang lain lebih dulu.  Gengsi itu  selalu ketinggalan berita  dan gengsi itu  juga sebuah rasa menahan suatu keinginan/ penampilan/ sesuatu hanya karena tidak ingin satu sisi atau halnya itu diketahui atau dilihat oleh orang lain. Kalau hidupmu terus saja dipenuhi gengsi akan sesuatu , hidup kamu tidak akan pernah tenang .
Gengsi  Merugikan Diri Sendiri
           Pada film yang kami tonton ini yang berdurasi 3 menit 44 detik  , yang berjudul  “ Gengsi aja atau banget ?” menceritakan dua orang mahasiswi yang sedang berjalan menuju ke stasiun  kereta api. Dan saat di perjalanan ke stasiun kereta api si mahasiswi yang memakai hijab  selalu berusaha mengajak si mahasiswi yang satu untuk berbicara atau ngobrol ,akan tetapi si mahasiwi ini selalu menjahui  temannya yang memakai hijab dan tidak menegur  atau menggubris temannya ini
Gengsi Aja atau Banget  diawali pemanandangan dijalanan yang berbentuk trotoar – trotoar   meneju ke stasiun kereta api .para mahasiswi ini bergesah –gesah menuju ke stasiun .mungkin karena tidak di perhatikan atau selalu  tidak di dengarkan si hijab ini  lelah dan memutuskan untuk diam . setelah  sampai di stasiun   dua mahasiswi ini  ber prilaku seperti tak saling mengenal satu sama lain . beberapa lama kemudian setelah mereka berada di tempat duduk pengunjung  si hijab mencobah mendekati temannya itu, akan tetapi temannya itu masih saja menjahui dan akhirnya dua mahasiswi ini duduk berjauhan . beberapa menit kemudian  si hijab merasa lelah n menulis surat kepada temannya itu yang berisikan “cha, 10 menit lagi bangunin aku ya....  ^_^ ” . kemudian si hijab pun tidur. setelah beberapa jam kemudian   si hijab terbangun dari tidurnya dan merasa kebingunan saat bangun sudah banyak orang –orang yang ada di stasiun .  si hijab pun melihat  ke arah kanan dan depan merasa kebingungan  ia pun melihat jam yang ada di Hp-nya  yang menunjukkan  pukul 03 : 48 ,setelah itu si hijab melihat ke arah kanan tempat duduk  temannya akan tetapi temannya tidak ada yang ada hanya sebuah kertas yang tertulis   “woy bangun..!!!  sudah 10 menit ! kereta kamu dateng!! ” . Dan si mahasiswi ini tertinggal kereta.
Penutup
Gengsi emang Cuma kata . tapi aurahnya cetar membahana . hari ini hingga esok , gengsi akan merasuk kedalam  aliran darah . Gengsi  terjadi karena budaya dan norma kita. Seperti yang sudah tertulis di pengatar bahwa  Gengsi adalah penyakit yang berbahaya . sebuah penyakit yang  menyesakan dada , membuat hati tertekan merasa terhempit dan dunia tersa sangat sempit . itulah mengapa sifat gengsi itu tidak baik buat kita karena tidak membuat keuntungan melainkan membuat kerugian saja buat kita dan orang – orang disekitar kita  . contohya seperti  flim pendek yang telah kita tonton  itu   yang berjudul  “ Gengsi ...  Aja atau Banget    kita mendapatkan pelajadi rujaran bahwa sifat gengsi itu tidak pantas atau tidak baik untuk kita miliki karena gengsi membuat diri kita  rugi .. rugi akan berkomunikasi , sosialisasi ,dengan teman kita, membuat jalan kita terhambat   dan masalah kita tidak selesai .

No comments:

Post a Comment