Penulis Indonesia yang mendunia

Penulis Indonesia yang mendunia

TUGAS PENULISAN KLP.2 "JADIKAN AKU BAGIAN PENTING DISISI HIDUPMU"

Thursday 5 November 2015





NAMA            :  SITI ASMARA
STAMBUK    : N1A4 14 099


JADIKAN AKU BAGIAN PENTING DI SISI HIDUPMU

A.    Pendahuluan
            Film berdurasi 04:52 detik ini menceritakan tentang keberadaan sebuah buku yang seharusnya dimanfaatkan dengan baik namun sebagian besar orang menggunakanya hanya untuk sebuah alat untuk mencari kepuasan sesaat.
            Pada video ini juga mengingatkan kepada kita bahwa buku yang seharusnya menjadi media belajar haruslah dimanfaatkan sesuai tempatnya.
B.     Isi
            Buku merupakan sekumpulan kertas atau bahan yang dijilid menjadi satu  yang pada salah satu ujungnya berisi tulisan dan gambar. Didalam buku pila terdapat banyak ilmu yang dapat menambah wawasan bagi pembacanya.
            Cerita dalam film  ini buku dijadikan sebagai  bahan bacaan namun ada beberapa juga menyalahgunakanya. Mereka   memanfaatkanya untuk kepentingan lain seperti menggambar, mengungkapkan perasaannya, mengungkapkan ide, mengambil bagian- bagian penting dari isi buku. Namun setelah buku digunakan mereka membuangnya begitu saja tanpa memperhatikan dan merawatnya lagi.
            Hal ini bermula dari ketika seseorang datang mengunjungi perpustakaan dengan tujuan mencari sesuatu dari buku tersebut. Tetapi karena beberapa sebab orang yang mengambil buku tersebut langsung meninggalkan perpustakaan dan beselang beberapa detik ada orang lain yang datang mengambil buku yang sama. Pada orang- orang berikutnya mereka memanfaatkan buku tersebut untuk mengambil beberapa poin penting dari buku tersebut namun ada beberapa yang menggunakannya sebagai tempat untuk mengungkapkan apa yang dirasakannya pada saat itu seperti menggambar, mengungkapkan perasaannya lewat sebuah gambar dan tulisan dan  ada pula orang yang merusaknya. Maksud dari merusaknya tersebut yaitu orang mengambil buku tersebut pada awalnya niatnya ingin membaca, tetapi membaca di sini dalam keadaan yang benar- benar tidak menyengkan untuk dilihat. Ada pula orang menggunakan buku ini untuk meluapkan emosinya sehingga merusak buku tersebut dan setelah merusaknya membuangya begitu saja pada tempat yang tidak bisa orang lain melihatnya lagi.
            Jadi, untuk kita manusia yang pada dasarnya merupakan makhluk sosial yang membutuhkan banyak ilmu dan pengetahuan yang salah satu gudangnya adalah dibuku harus kita menjaga dan memelihara apa yang menjadi sumber dari ilmu pengetahuan kita seperti ungkan apan terakhir dalam film yang berdurasi 04: 52 detik ini yaitu “ Aku adalah sang jendela dunia yang begitu berharga ketikaku diciptakan ,dibuat dengan penuh pemikiran dan kehati-hatian. Mereka yang telah menggengamku, yang telah mengambil ilmu pengetahuan dan hal- hal teoritis yang dalam diriku dan lalu membuatku seperti benda yang tidak lagi berharga.. Itulah mereka dan inilah aku. Aku disini , dibawah sini menunggu utuk berguna lagi, untuk dibaca lagi layaknya sebuah BUKU.
C.    PENUTUP
            Dalam film pendek berdurasi 04:52 detik ini mengingatkan kepada kita untuk memanfaatkan buku sesuai dengan kebutuhan kita sebagai manusia yang benar- benar membutuhkannya sebagai media mendapatkan ilmu. Dan setelah memanfaatkannya kita harus menyimpannya kembali ditempat yang layak agar buku tersebut tidak rusak sehingga orang lain dapat memanfaatkannya juga. 

No comments:

Post a Comment