Penulis Indonesia yang mendunia

Penulis Indonesia yang mendunia

TUGAS PENULISAN KLP. 5 "AISYAH SI KEPO"

Sunday 8 November 2015


NAMA        : TETI SUGIARTI
STAMBUK : N1A4 14 023
JURUSAN  : SASTRA INDONESIA




PENDAHULUAN
 
          Dalam sebuah karya, ada karya yang disebut dengan film. Film itu sendiri adalah suatu buatan manusia yang berisi actor, aktris dll. Dalam film “KEPOISME” yang akan saya bahas ini, menceritakan tentang aisyah seorang wanita yang terlalu ingin tau tentang persoalan atau yang sedang dialami oleh orang lain. Ia selalu melakukan apa saja, agar keingin untuk mengetahui urusan orang lain terpenuhi. Untuk mengetahui cerita selanjutnya, silahkan baca isinya.

ISI
 AISYAH SI KEPO

Dalam film yang berjudul AISYAH SI KEPO kurang lebih berdurasi 7 menit ini, menceritakan tentang 3 orang tokoh. Tokoh – tokoh tersebut yaitu, Aisyah, Rahel dan Radit. Aisyah adalah tokoh utama dalam cerita ini, sedang rahel dan radit penambah saja dalam cerita ini. Aisyah dan Rahel adalah sahabat kuliah, mereka selalu bersama dalam suka dan duka. Tetapi Aisyah memiliki sifat yang kurang baik. Ia ingin tau tentang apa yang dilakukan sahabatnya. Dalam percakapan mereka di kampus, tiba – tiba rahel mengajak Aisyah untuk menemaninya ke toilet. Di dalam toilet Aisyah mulai menampakkan rasa sifat keponya, ia mengambil hp sahabatnya dan mulai membaca pesan hp tersebut. Ia terkejut membaca isi pesannya, tiba – tiba Aisyah kaget ketika Rahel membuka pintu kamar mandi dan menghampirinya. Aisyah cepat – cepat menyimpan kembali hp Rahel, agar Rahel tdk mengetahui bahwa ia telah membaca pesannya.
Kemudian mereka kembali mengobrol di depan ruang perpustakaan di kampusnya. Lalu seorang pria datang menghampiri mereka, pria tersebut adalah Radit. Radit adalah kekasih Rahel, mereka sudah lama berpacaran. Radit mengajak Rahel masuk ke dalam ruang perpustakaan untuk mengobrol, Aisyah dengan perlahan – lahan mengikuti mereka berdua untuk mengetahui apa yang mereka bicarakan. Beberapa waktu kemudian, Aisyah dan Rahel kembali mengobrol. Aisyah takut dengan apa yang ia ketahui tentang sahabatnya Rahel. Karena ketakutannya, Aisyah menceritakan yang ia ketahui kepada sahabatnya Rahel.  Aisyah menyangkah kalau Rahel sedang hamil, Rahel terdiam mendengar penjelasan Aisyah. Kemudian … Rahel tertawa akan apa yang ia dengar,ternyata perkiraan Aisyah tentang dirinya itu tidak benar. Aisyah tertipu dengan apa yang ia ketahui, ternyata sahabatnya itu tidak dalam keadaan hamil.

KESIMPULAN
 
Dalam cerita film pendek ini, tokoh Aisyah wataknya tidak baik. Dan kita sebaiknya tidak mengikuti sifat Aisyah yang kepo itu, karna itu bias merusak persahabatan kita. Dia beruntung mempunyai teman seperti Rahel yang mengerti akan sifatnya. Ia tidak marah walau Aisyah sudah mengganggu privasinya. Jadi,tidak usah mengikuti budaya kepoisme, karna tidak baik.
Sekian …

No comments:

Post a Comment