Penulis Indonesia yang mendunia

Penulis Indonesia yang mendunia

TUGAS PENULISAN KLP.1 "BERANI MATI YANG PENTING BENAR"

Tuesday 3 November 2015





Nama             : ASMANITA
NIM                : N1A4 14 065

JUDUL:
BERANI MATI
YANG PENTING BENAR

PENDAHULUAN
Judul karya ini, diambil berdasarkan film pendek yang memberikan kita pemahaman untuk memahami sebuah karya yang patut diapresiasi. dimana kisah antara guru dan murit yang sedang melakukan proses pembelajaran. pada film pendek tersebut guru memberikan tes matematik perhitingan 2 + 2 = 5. Pernyataan ini dengan tujuan agar siswa memahami dan membenarkan permasalahan tersebut.
Matematika merupakan salah satu nama mata pelajaran yang diajarkan dari mulai jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD) sampai dengan Sekolah Menengah Atas (SMA). Matematika merupakan mata pelajaran yang familiar di telinga kita, bahkan seringkali dianggap sebagai mata pelajaran yang paling "killer". Dari kecil kita sudah diperkenalkan dengan matematika oleh keluarga kita melalui berhitung, hingga kini pun kita masih bercengkrama dengan banyak hal yang berhubungan dengan matematika, statistika contohnya.
Berhitung merupakan aktifitas sehari-hari tiada aktifitas tanpa menggunakan matematika, akan tetapi banyak yang tidak tahu apa pengertian matematika, apa  istilah matematika dari berbagai negara, ruang lingkupnya dan masih banyak lagi. Manusia memang tidak akan pernah terlepas dari matematika dalam hidunya.

Penjumlahan Dalam Matemetika
Matematika secara umum ditegaskan sebagai penelitian pola dari struktur, perubahan, dan ruang; tak lebih resmi, orang mungkin mengatakan bahwa matematika adalah penelitian bilangan dan angka. Dalam pandangan formalis, matematika adalah pemeriksaan aksioma yang menegaskan struktur abstrak menggunakan logika simbolik dan notasi matematika; pandangan lain tergambar dalam filosofi matematika.
Standar kompetensi matematika merupakan seperangkat kompetensi matematika yang dibukukan dan harus ditunjukkan oleh siswa pada hasil belajarnya dalam mata pelajaran matematika. Standar ini dirinci dalam komponen kompetensi dasar beserta hasil belajarnya, indikator dan materi pokok untuk setiap aspeknya. Pengorganisasian dan pengelompokan materi pada materi didasarkan menurut disiplin ilmunya atau didasarkan menurut kemahiran atau kecakapan yang hendak dicapai. Aspek atau ruang lingkup materi pada standar kompetensi matematika adalah bilangan, pengukuran dan geometri, aljabar, trigonometri, peluang dan statistik, dan kalkulus.
Matematika memiliki banyak manfaat dalam kehidupan manusia. Selain dapat membantu pekerjaan manusia melalui kontribusinya atas perkembangan teknologi, matematika juga dapat mengembangan karakter manusia. Seperti halnya Mata pelajaran yang diajarkan pada jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD) yang di ajarkan berhitung merupakan aktifitas sehari-hari tiada aktifitas tanpa menggunakan matematika, akan tetapi banyak yang tidak tahu apa maksud dari penjumlahan matematika tersebut. Bukan berarti memahami dasar matematika sudah dikatakan pintar atau cerdas. Namun kecerdasan seorang siswa berwatak matematik dimana seorang siswa tersebut berani menerapkan dan menguasai dasar perhitungan pada matematika (Penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian).  
Ada pula guru sengaja pada saat mata pelajaran matematika menguji kecerdasan yang dimilki oleh para siswa, seperti pada film pendek tersebut dimana seorang guru memberikan sebuah perhitungan penjumlahan, agar mendapat simpati reaksi siswa yang berani membenarkan sebuah pernyataan salah. Sebab dalam matematika perhitungan hanya memiliki dua persoalan “Salah” atau “Benar”. Sehingga membangun karakter dalam diri siswa untuk memahami perhitungan. Dengan demikian kecerdasan atau watak matematik tidak akan melekat tanpa keberanian seseorang untuk menyatakan suatu hal benar dan takan berubah selamanya. Oleh karena itu, Perhitungan dalam matematika memiliki banyak manfaat dalam kehidupan manusia dapat membantu serta mengembangkan karakter manuasia.

Kesimpulan
Berhitung merupakan aktifitas sehari-hari tiada aktifitas tanpa menggunakan matematika, akan tetapi banyak yang tidak tahu apa pengertian matematika. dalam matematika perhitungan hanya memiliki dua persoalan “Salah” atau “Benar”. Sehingga membangun karakter dalam diri siswa untuk memahami perhitungan. Dengan demikian kecerdasan atau watak matematik tidak akan melekat tanpa keberanian seseorang untuk menyatakan suatu hal benar dan takan berubah selamanya. Manusia memang tidak akan pernah terlepas dari matematika dalam hidunya.

No comments:

Post a Comment