Penulis Indonesia yang mendunia

Penulis Indonesia yang mendunia

TUGAS PENULISAN KLP. ‘’ANDAI DULU’’

Sunday 8 November 2015



Nama               ;           Sri Maharani

Stanbuk           ;           N1A4 14 101             

MK                  ;           Penulisan Kolom Artikel



‘’ANDAI DULU’’



Hampir semua orang mengakui masa SMA adalah masa yang paling indah dan punya sejuta cerita mulai dari ‘’pemberontakaan pada aturan, ujian kesetiakawanan, hingga masa-masa cerita bersemi, tak heran jika masa SMA selalu menyimpan kenangan yang tak terlupakan. Bergaul merupakan hal biasa dalam sebuah pertemanan. Pergaulan mempunyai pengaruh yang besar terhadap pembentukan kepribadian seorang individu. Pergaulan yang kita lakukan akan mencerminkan kepribadian seseorang, baik itu pergaulan positif maupun pergaulan negatif. Pergaulan yang positif itu dapat berupa kerja sama antar individu atau kelompok guna melakukan hal-hal positif. Sedangkan pergaulan negatif itu lebih mengarah ke pergaulan bebas yang juga mempunyai dampak besar terhadap kehiduan seseorang . Hal-hal yang seperti itulah yang harus kita hindari . Terlebih lagi di usia kita yang msih remaja.

Berbicara mengenai pergaulan bebas yang cenderung negatif, saya akan menceritakan kisah seorang remaja yang masih menduduki bangku SMA , tepatnya di SMA Negeri 13 Jakarta. Sebut saja Akbar Prakoso . Dari namanya sih, sudah pasti dia seorang laki-laki . Disekolahnya dia dikenal sebagai anak yang sering membuat keributan. Entah apa yang terpikir oleh benaknya dia hampir tidak pernah mengikuti pelajaran dikelas. Tidak sedikit siswa sering dia jahili bahkan sampai mengambil uang para siswa. Bukan itu saja, merokok disekolah sudah menjadi kebiasaan rutin baginya. Guru-guru pun mulai bosan dengan tingkah nakalnya itu. Karena sering tidak pernah masuk kelas atau bolos. Setelah  3 tahun lamanya  ia bersekolah Akbar dinyatakan tidak lulus dalam ujian akhir tahun.

Hari demi hari Akbar jalani .. penyesalanpun seakan membakar otaknya yang seolah memakan hatinya , hidup yang seakan tidak tenang serasa menghantui kehidupannya yang kelam .Bayangkan saja sekolah selama 3 tahun seperti tak ada artinya. Akbar tidak punya pilihan lain selain berhenti atau mundur , sebab orang tuanya yang sudah tidak mampu lagi membiayai Akbar. Kehidupan yang sulit ia terima itu Ia jalani selama 20 tahun lamanya , pekerjaan yang tidak pernah ia mimipikan itu terpaksa harus ia jalani untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari yang hanya cukup untuk makan saja.

Penyesalan ? yah! Itulah penyesalan . penyesalan memang selalu datang belakangan setelah semua sudah terjadi. Bagi saya hidup dalam penyesalan adalah sebuah kesalahan yang terjadi dimasa lalu. Seandainya waktu bisa dapat mengubah keadaan , mungkin tidak akan pernah terjadi hal semacam itu. Saya, Anda, kita, dan mereka belajar dari pengalaman yang akhirnya menghasilkan sebuah penyesalan besar yang membawa  dampak negatif besar di kehidupan berikutnya. 

No comments:

Post a Comment